Selasa, 16 Desember 2008

EDITING

35279

Edit, mengedit, perlu memberikan dan memperbaiki naskah sehubungan dengan penyajiannya, nahasanya, ajaranyan, dan lain-lain hal sesuai dengan kesadaran calon pembahasnya (ibid, hal 58) Editologi, yaitu ilmu dan keterampilan dibidang editing (IKAPI DKI Jakarta, 2005 memahami copy editing).

Pengertian
Membetulkan dan memperbaiki naskah sehubungan dengan penyajiannya, bahasanya, ejaannya dan lain-lain hal sesuai dengan keadaan calon pembacanya lihat juga sunting menyunting (naskah). Orang yang melakukan pengeditan atau penyuntingan naskah lihat juga penyunting. Orang yang memperbaiki dan menata naskah.

Jenis Pekerjaan
Pekerjaan editing/penyuntingan naskah, yang dilakukan oleh copy editor/penyunting naskah, ada 3 macam jenis, yaitu:
1.   Penyuntingan bahasa
2.   Penyuntingan substansi/materi/isi/teks
3.   Penyuntingan gambar/ilustrasi/isi non teks

Sehubungan hal tersebut copy editor dikelompokkan tugasnya dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan mechanical editing, substantive editing, dan factorial editing.

Uraian Pekerjaan
Pekerjaan editing sangat beragam dan luas cakupannya sehingga memerlukan rincian/uraian yang jelas agar tidak terjadi kesalahan pengertian.

Pekerjaan editing naskah, sebenarnya pekerjaan tahap kedua setelah naskah dipertimbangkan kelayakannya dan dinyatakan layak diterbitkan (layak terbit). Seorang penyunting naskah pemula, tdak ditugaskan untuk menimbang/menilai kelayakan naskah dan memutuskanlayak terbit, karena hal ini adalah tugas/kewenangan dari Senior Editor. Copy Editor, tidak diperkenankan merubah/mengganti isi, tetapi dapat memanjakan kejelasan isi kepada penulis.
Pekerjaan copy editing/penyuntingan naskah, meliputi pemeriksaan dan perbaikan naskah terhadap kesalahan atau ketidakjelasan sekaligus memberikan nilai tambah karya tulis dari pengarang dan menjadikan pembaca puas/menikmati bacaannya. Bila kedua hal ini terjadi, maka penerbit sebagai perusahaan yang memproduksi bacaan akan memperoleh keuntungan atas usahanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar